RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar
Kelas/Semester : VI/
1
Mata Pelajaran : Matematika
Jumlah Pertemuan :
1 kali pertemuan
(1 x 35
menit)
I.
STANDAR
KOMPETENSI
3. Memahami volume prisma segitiga dan tabung serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
II.
KOMPETENSI
DASAR
3.3 Volume prisma segitiga dan tabung
III.
INDIKATOR
1.1 Menurunkan rumus
volume tabung
1.2 Menemukan volume tabung
1.3 Menghitung volume tabung
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.1
Dengan peragaan siswa dapat menurunkan rumus volume tabung
1.2
Dengan peragaan siswa dapat menemukan volume tabung
1.3 Dengan berdiskusi
siswa dapat menghitung volume tabung
Karakter siswa yang
diharapkan
Diharapkan siswa berfikir kritis,
teliti, rasa ingin tahu, mandiri dan cermat, dan dalam
menentukan volume tabung.
V.
MATERI AJAR
. Pengertian
tabung adalah prisma tegak dimana alasnya berbentuk lingkaran. Contoh dari tabung dalam kehidupan
sehari-hari yakni drum, kaleng susu, pipa air dan lain sebagainya. Untuk menghitung volume tabung kita bisa
menggunakan rumus sebagai
berikut :
Keterangan :
V Tabung = Volume Tabung
π (phi) = 3,14 atau 22/7
r
=
jari-jari
d = diameter dimana d = 2 x r
t
= tinggi tabung
|
10 cm .
t
= 22/7
x 7 cm x 7cm x 10cm
|
= 22 × 7 cm × 10 cm
= 1.540 cm
2.
Diketahui sebuah tabung mempunyai volume 770 cm dan tinggi tabung 5 cm.
Tentukan jari jari tabung tersebut !
3
|
= 770 cm
2
|
5 cm
= 154 cm
Luas alas tabung =
154 cm = 22/7
x r
r =
154 cm : 22/7
= (7 × 7) cm
|
r = √49 cm
= 7 cm
Jadi, jari-jari tabung tersebut
adalah 7 cm.
VI.
ALOKASI
WAKTU
Pertemuan pertama 1 x 35 menit
VII.
METODE
PEMBELAJARAN
Metode kooperatif, diskusi, pemberian tugas, tanya jawab , mind wipping dan demonstrasi
VIII. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Salam
2.
Salah satu siswa
memimpin doa sebelum belajar
3.
Guru mengabsen
kehadiran siswa
4.
Apersepsi: guru
menanyakan materi pelajaran yang lalu yang berkaitan dengan materi yang
disajikan
5.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti :
1. Guru menunjukan
contoh model bangun ruang prisma segi empat yang akan diperagakan untuk menurunkan rumus
volume tabung. (eksplorasi)
2. Guru membimbing
siswa memperagakan model bangun ruang prisma segi empat yang akan dibelah menjadi bangun
prisma segitiga.(eksplorasi)
3. Guru melibatkan siswa dalam peragaan
penurunan rumus volume tabung(elaborasi)
4. Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai
penurunan rumus volume tabung dari peragaan bangun ruang prisma segi n dengan
banyak n tak hingga .(konfirmasi)
5. Guru bersama siswa menyimpulkan rumus volume
tabung(konfirmasi)
6. Guru membimbing siswa menghitung volume tabung
(elaborasi)
7. Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 2 sampai 4 orang(elaborasi)
8. Guru membagikan model tabung sebagai media
diskusi kelompok (elaborasi)
9. Guru
memandu/memfasilitasi siswa belajar.(elaborasi)
10. Siswa sebagai perwakilan dari kelompok menyajikan hasil diskusi kedepan kelas.(elaborasi)
11. Guru bersama siswa menanggapi hasil
diskusi semua kelompok (konfirmasi)
12. Guru
memberikan soal pengayaan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa mengenai
volume tabung(elaborasi)
13. Siswa bersama-sama mengoreksi hasil
pekerjaannya.(konfirmasi)
14. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari.(konfirmasi)
15. Guru
memberikan kesimpulan atau jawaban atas pertanyaan siswa.(konfirmasi)
c. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa
menyimpulkan materi pembelajaran.
2. Guru
memberikan evaluasi.
3. Guru
memberikan tindak lanjut
IX.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Teknik
tes :Test
Jenis
tes : Tertulis
Bentuk
tes : Isian
a.
Soal test:
1.
Sebuah kaleng cat berbentuk tabung bervolume
9420 cm3 dan memiliki tinggi 30 cm. Hitunglah
diameter kaleng tersebut!
2.
Sebuah tabung mempunyai tinggi 20 cm dan jari-jari tabung
berukuran 14 cm. Tentukan volume tabung tersebut!
3.
Di ketahui sebuah
tabung mempunyai tinggi 50 cm dan volume 3925 cm3. Berapakah jari - jari tabung
tersebut?
4.
Sebuah drum memiliki
diameter 14 dm dan tinggi 25 dm. Tentukan volume drum tersebut?
b.
Kunci jawaban:
1. Diketahui : V tabung = 9420 cm3, t
= 0,3 m = 30 cm
Ditanya : diameter kaleng
?
Penyelesaian :
V kaleng = πr2t
9420 cm3 = 3,14 x r2 x
30 cm
9420cm3 : 94,2 cm = r2
100 cm2 = r2
10 cm =
r
10 x 2 =
2r
20 cm =
d
Jadi diameternya 20 cm.
2. Diketahui :
tinggi 20 cm
:
r = 14 cm
Ditanya : volume tabung?
Penyelesaian :
t
V =
22/7 X 14 cm X 14 cm X 20cm
V = 22 X 2cm X 14 cm X 20 cm
V =
12.320 cm
Jadi, volume
tabung tersebut adalah 12.320 cm
3. Diketahui : tinggi =
50 cm
: Volume
= 3925 cm
Ditanya
: jari - jari tabung?
Penyelesaian :
3925 cm
= 3,14 x
x 50 cm
3925 cm : 157 cm
=
25
cm =
5
= r
Jadi, jari – jari tabung tersebut
adalah 5 cm
4. Diketahui : d = 14 dm
:
t = 25 dm
Ditanya :
Volume tabung?
Penyelesaian :
t
:
V = 22/7 X 7 dm X 7 dm X 25 dm
:
V = 22 X 7 dm X 25 dm
:
V = 3850 dm
Jadi , volume drum tersebut adalah 3850
dm
Pedoman Penskoran :
No.
|
No. Soal
|
Penulisan
rumus benar
|
Proses
penyelesaian
|
Hasil
|
Skor
|
1.
|
1
|
5
|
15
|
10
|
30
|
2.
|
2
|
5
|
10
|
10
|
25
|
3.
|
3
|
5
|
15
|
10
|
30
|
4.
|
4
|
5
|
5
|
5
|
15
|
Jumlah
|
100
|
Kriteria penilaian : A = Amat Baik (85-100)
B = Baik (71-84)
C = Cukup (60-70)
D = Kurang ( < 60 )
XI.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Sumber
a.
Kasri, M.Khafid dkk.
2007. Ayo Matematika Penekanan Pada Berhitung Jilid 6A. Penerbit Erlangga.
Jakarta
2.
Media
a.
Kertas karton
b.
Plastik bening
c.
Kertas origami
d.
Kaca
e.
Selotip
f.
Lem
g.
Double tip
h.
Kaleng bekas
Dosen Pembimbing Pontianak, 30
Mei 2014
Drs.
Budiman Tampubolon M.Si Eka Puspitasari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar