Jumat, 17 Februari 2023

RPP KELAS 5 TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                      :  SDN 29 Pontianak Kota

Kelas /Semester         :  V B / 1 (Satu)

Tema                          :  3. Makanan Sehat

Subtema                     :  3. Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat

Pembelajaran ke-      :  1

Fokus Pembelajaran :  Bahasa Indonesia dan IPA

Alokasi Waktu          :  1 x Pertemuan (5 X 35 Menit)

 

A.    KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1

:  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2

: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan  percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

KI 3

: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

KI 4

: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4

Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik

3.4.1

 

3.4.2

 

Menentukan isi dari paparan iklan elektronik

Menulis isi dari paparan iklan elektronik

 

4.4

Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual

4.4.1

 

4.4.2

 

 

Menyajikan isi dari paparan iklan elektronik

Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media elektronik

 

 

IPA

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3

Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ  pencernaan manusia

3.3.1

 

 

 

Menyebutkan organ dan fungsi pencernaan pada manusia

 

4.3

Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia

4.3.1

 

4.3.2

 

 

Membuat poster tentang organ dan fungsi pencernaan manusia

Menyajikan hasil pembuatan poster tentang organ dan fungsi pencernaan manusia

 

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.

Dengan mengamati video iklan obat diare, peserta didik dapat menentukan isi dari paparan iklan elektronik dengan tepat.

2.

Dengan diskusi kelompok, peserta didik dapat menulis isi dari paparan iklan elektronik dengan tepat.

3.

Setelah diskusi kelompok, peserta didik dapat menyajikan isi dari paparan iklan elektronik dengan percaya diri.

4.

Dengan bermain peran, peserta didik dapat memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media elektronik dengan percaya diri.

5.

Setelah mengamati video sistem pencernaan manusia, peserta didik dapat menyebutkan organ dan fungsi pencernaan pada manusia dengan tepat.

6.

Setelah mengamati video sistem pencernaan manusia, peserta didik dapat membuat poster tentang organ dan fungsi pencernaan manusia dengan tepat.

7.

Setelah mengamati video sistem pencernaan manusia, peserta didik dapat menyajikan hasil pembuatan poster tentang organ dan fungsi pencernaan manusia dengan percaya diri.

 

D.    MATERI PEMBELAJARAN

1.    Iklan elektronik (Bahasa Indonesia)

2.    Alat dan fungsi organ pencernaan pada manusia (IPA)

 

E.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran

: Saintifik

Model Pembelajaran

: Cooperative learning

Metode Pembelajaran

: Diskusi, tanya jawab, bermain peran dan penugasan

 

F.     MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

Media/Alat                          :

1.        Powerpoint berisi materi iklan elektronik dan alat serta fungsi pada pencernaan manusia

2.        Video iklan obat diare

3.        Video organ dan sistem pencernaan manusia

4.        Gambar sistem organ-organ pencernaan manusia

5.        Diagram kosong tubuh manusia

 

Bahan                                  :

1.      Karton

2.      Lem

 

Sumber Belajar                   :

1.      Permendikbud. 2016. Kurikulum 2013: Standar Kompetensi Inti dan    Kompetensi Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.      Fransiska Susilawati. 2017. Tema 3 Makanan Sehat Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru SD/MI Kelas V. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 99 — 103.

3.      Fransiska Susilawati. 2017. Tema 3 Makanan Sehat Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman. 85 — 88

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.          Kelas dibuka dengan salam

2.          Memeriksa kebersihan dan kelengkapan kelas

3.          Doa dibuka dengan menyanyikan lagu menanam jagung yang diganti liriknya seperti di bawah ini:

Ayo semua kita berdoa

Lipat tanganmu di atas meja

Duduk yang rapi

Doa yang khusyuk

Mari semua kita berdoa

Doa (menurut agama dan kepercayaan masing-masing) yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik. Guru menekankan pentingnya berdoa (agar apa yang dikerjakan dan ilmu yang didapat akan bermanfaat).

4.          Absensi/mengecek kehadiran peserta didik

5.          Apersepsi:

·         “Anak-anak, apakah kalian ingat kemarin yang telah dipelajari apa saja?

·         Apa saja gangguan pencernaan yang kalian ketahui?

·         Apa yang menyebabkan kita terkena gangguan pencernaan?

·         Bagaimana cara kita mengatasi gangguan pencernaan tersebut?

6.          Informasi tema, subtema dan pembelajaran.

“Anak-anak hari ini kita akan belajar dengan tema “Makanan sehat” dengan subtema ketiga “Pentingnya menjaga asupan makanan sehat”, pembelajaran pertama.

7.          Menyimak informasi  mengenai tujuan pembelajaran

8.          Menyimak penjelasan mengenai kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan hari ini.

a         Anak-anak, hari ini kita akan melakukan banyak kegiatan dimulai dengan mengamati video, kemudian bermain peran tentang informasi dari iklan elektronik dari video yang diamati, dan membuat poster tentang organ dan fungsi pencernaan manusia.

9.          Informasi penilaian yang akan dilaksanakan.

15 Menit

 

Inti

Kegiatan Pembelajaran

1.      Peserta didik mengamati gambar yang ditampilkan oleh guru di depan kelas.

2.      Peserta didik dan guru melakukan tanya jawab tentang gamgguan pencernaan yang biasa dialami oleh peserta didik.

3.      Peserta didik dibagi kelompok terdiri dari 5 orang.

4.      Tiap kelompok dibagikan LKPD untuk mengamati tentang iklan obat diare yang akan diamati.

5.      Peserta didik mengamati video iklan tentang obat diare.

6.      Peserta didik berdiskusi untuk menulis isi paparan iklan yang disajikan.

7.      Setelah diskusi selesai, perwakilan tiap kelompok maju ke depan kelas menyajikan hasil diskusi tiap kelompok.

8.      Peserta didik bersama dengan guru membahas hasil laporan tiap kelompok serta memberikan penguatan terhadap jawaban tiap kelompok.

9.      Perwakilan tiap kelompok berlatih bermain peran iklan obat diare yang sesuai dengan video yang telah diamati.

10.  Setelah selesai berlatih, perwakilan kelompok maju ke depan kelas untuk bermain peran tentang iklan obat diare.

11.  Peserta didik bersama dengan guru membahas hasil bermain peran tiap kelompok serta memberikan penguatan terhadap penampilan tiap kelompok.

Guru               :  Mengapa kita harus makan makanan yang sehat?

Peserta didik   : Agar tidak sakit perut, agar tidak mengalami ganguan pencernaan dan kita bisa hidup sehat (jawaban bervariasi)

Guru                   : Dari tadi kita sudah membahas tentang gangguan pencernaan, siapa yang penasaran sistem pencernaan kita?

12.  Peserta didik mengamati video tentang sistem pencernaan manusia.

13.  Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang organ dan fungsi pencernaan manusia.

14.  Peserta didik dibagikan LKK tentang cara membuat poster sistem pencernaan manusia.

15.  Peserta didik secara kelompok membuat poster.

16.  Perwakilan tiap kelompok menyajikan hasil dari membuat poster sistem pencernaan manusia di depan kelas.

17.  Peserta didik bersama dengan guru membahas hasil pembuatan poster serta memberikan penguatan.

135 Menit

Penutup

 

1.         Evaluasi

2.          Peserta didik bersama guru merangkum hasil pembelajaran pada hari ini.

“Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini?”

3.        Peserta didik bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah dilakukan hari ini.

a.       Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?

b.      Kegiatan apa yang paling kalian suka? Mengapa?

c.       Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?

4.         Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.

5.          Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas.

6.          Peserta didik diajak untuk bersyukur atas ilmu dan semua kegembiraan yang telah mereka rasakan di hari ini dengan berdoa bersama.

25 Menit

 

H.    PENILAIAN

1.      Penilaian Sikap KI 1 (Spiritual)

Teknik                           : Observasi

Instrumen                      : Format penilaian sikap (jurnal)

 

No

Tanggal

Nama siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

Hasil

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

2.      Penilaian Sikap KI 2 (Sosial)

No

Tanggal

Nama siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

Hasil

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

3.      Penilaian Pengetahuan

Teknik                         : Tes tertulis

Instrumen                   : Soal essay

 

Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepat!

No.

Indikator Soal

Soal

Kunci Jawaban

1.

Disajikan iklan elektronik obat sakit maag.

 

Peserta didik menuliskan isi paparan iklan obat sakit maag.

Amati video iklan elektronik obat sakit maag berikut!

 

Berdasarkan iklan elektronik tersebut, tuliskan isi paparan iklan elektronik obat sakit maag!

Iklan tersebut berisi tentang produk obat sakit maag yang segar di mulut nyaman di perut dan mempunyai rasa mint yang dapat mengatasi sakit maag dan perut kembung.

2.

Disajikan   iklan elektronik obat sakit maag.

 

Peserta didik menuliskan keunggulan dari produk iklan obat sakit maag.

Amati video iklan elektronik obat sakit maag berikut!

 

Berdasarkan iklan elektronik tersebut, tuliskan keunggulan produk obat sakit maag yang iklankan! 

Keunggulan iklan obat sakit maag tersebut adalah segar di mulut nyaman di perut serta mempunyai rasa mint, menghilangkan kembung dan efektif menetralkan asam lambung

 

3.

Disajikan gambar organ pencernaan manusia.

 

Peserta didik menuliskan urutan sistem pencernaan manusia.

Perhatikan gambar di bawah ini!

a)       

Description: C:\Users\asus\Downloads\big_thumb.jpg

 

Berdasarkan gambar tersebut, tuliskan secara berurutan sistem pencernaan manusia!

 

a)      Mulut-kerongkongan-lambung-usus halus-usus besar-anus.

4.

Disajikan gambar organ pencernaan manusia.

 

Peserta didik menuliskan nama organ dan fungsi pencernaan manusia.

Perhatikan gambar organ pencernaan berikut ini!

Description: C:\Users\asus\Downloads\kelenjar-pencernaan-300x277.png

Berdasarkan gambar di atas, tuliskan nama organ yang ditandai oleh nomor 1 dan fungsinya!

a)      Lambung, berfungsi  untuk  melakukan proses pencernaan makanan secara mekanis dan kimiawi. Pencernaan mekanis dilakukan oleh dinding labung dengan gerakan peristaltik, seperti gerakan meremas-remas makanan. Pencernaan kimiawi dilakukan dengan bantuan getah lambung yang dihasilkan dinding lambung. Getah lambung mengandung enzim (pepsin dan renin) dan zat asam (asam klorida). Getah lambung berguna memecah makanan sehingga dapat diserap tubuh dan membunuh kuman yang masuk bersama makanan.

 



No

Soal

Skor  maksimal

Kriteria

Skor

1.

3

Jika menjawab dan jawabannya benar lengkap.

Jika menjawab dan jawabannya benar kurang lengkap.

Jika menjawab dan jawabannya salah.

Jika tidak menjawab

3

2

 

1

0

2.

3

Jika menjawab dan jawabannya benar lengkap.

Jika menjawab dan jawabannya benar kurang lengkap.

Jika menjawab dan jawabannya salah.

Jika tidak menjawab

3

2

 

1

0

3.

4

Jika menjawab dan urutan jawabannya benar lengkap.

Jika menjawab dan urutan jawabannya benar kurang lengkap.

Jika menjawab dan jawabannya salah.

Jika tidak menjawab

4

2

1

0

4.

3

 Jika menjawab dan jawabannya benar  lengkap.

Jika menjawab dan jawabannya benar kurang lengkap.

Jika menjawab dan jawabannya salah.

Jika tidak menjawab

3

2

 

1

0

Skor Total

 

28


 

Skor =

 

4.      Penilaian Keterampilan

a.       Bermain peran (Bahasa Indonesia)

Teknik                : Unjuk kerja

Instrumen           : Rubrik bermain peran

No.

Nama Peserta Didik

 

Kriteria

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan

4

3

2

1

 

 

Ekspresi, intonasi dan gestur sangat sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan iklan

ada 1 hal dari 3 komponen yang tidak sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan iklan.

Ada 2 dari 3 hal komponen yang tidak sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan iklan.

Semua komponen tidak saling sesuai dan terkait dengan pesan yang ingin disampaikan iklan.

1.

Arya

 

 

 

 

2.

Gian

 

 

 

 

3.

Dst

 

 

 

 

Berilah tanda centang (Ö) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Skor =

 

b.      Menyajikan poster (IPA)

Teknik                : Unjuk kerja

Instrumen           : Rubrik ceklis

No.

Nama Peserta Didik

 

Kriteria

Baik Sekali

Baik

Cukup

Perlu Bimbingan

4

3

2

1

Menyajikan poster sistem pencernaan manusia dengan menarik dan mudah dipahami

Menyajikan poster sistem mudah dipahami dan kurang menarik

Menyajikan poster sistem mudah kurang bisa dipahami dan kurang menarik

Menyajikan poster tidak mearik dan sulit dipahami

1.

Arya

 

 

 

 

2.

Gian

 

 

 

 

3.

Dst

 

 

 

 

Berilah tanda centang (Ö) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Skor =

 

I.       REMEDIAL

Remedial dilakukan jika masih terdapat sisa waktu. Peserta didik ditugaskan untuk menjawab pertanyaan berikut!

1.      Sebutkan jenis-jenis otot yang bekerja pada saat aktivitas berikut!

a.       Berjalan           :............................................................................................

b.      Memanjat        :...........................................................................................

c.       Memegang       :............................................................................................

d.      Merangkak      :............................................................................................

e.       Melempar        :...........................................................................................

2.      Mengapa otot disebut sebagai organ gerak aktif?

 

J.      PENGAYAAN

Guru mengulang kembali materi yang sudah dipelajari agar peserta didik dapat lebih memahami materi sehingga tujuan pembelajaran pada hari itu dapat tercapai.

 

REFLEKSI GURU

.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

 




Mengetahui

Guru Pamong SDN 29 Pontianak Kota

 

 

 

 

 

Sri Herawati, S. Pd. I.

NIP. 197811242000032001

Pontianak, 6 November 2018

Mahasiswa,

 

 

 

 

 

Eka Puspitasari, S. Pd.

NIM. F4301172045


Mengetahui,

Kepala SDN 29 Pontianak Kota

 

 

 

 

 

H. M. Yase, S.Pd, MM.

NIP. 196002121982011020

 
 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN FORMATIF SEMESTER I KELAS I KURIKULUM MERDEKA (BAHASA INDONESIA)

  PENILAIAN FORMATIF SEMESTER I  KELAS I SD/MI TAHUN PELAJARAN 2022/2023   Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia (2)                  ...