Kamis, 16 Februari 2023

BAHAN AJAR KELAS 3 TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4 SEMESTER 1 (KURIKULUM 2013)

 

Bahan Ajar Kurikulum 2013

Sekolah Dasar



TEMA                           : 2. Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

SUBTEMA                     : 3. Menyayangi Tumbuhan

PEMBELAJARAN          : 4

 

 

Ž 1 x pertemuan (6jp x 35 menit)

 

K

A. PENGANTAR

 ita sebagai masyarakat yang baik harus sadar akan kewajiban kita  dalam merawat tumbuhan. Tahukah kamu, apa yang akan terjadi jika kita melalaikan kewajiban dalam merawat tanaman? Ingin tahu!

A.     Ayo belajar dan ikuti kegiatan-kegiatan, berikut ini!

B. TUJUAN

    Setelah mempelajari bahan ajar ini, peserta didik diharapkan dapat :

1.  Menulis informasi dari teks bacaan

2.  Menentukan cara perawatan tanaman

C. URAIAN MATERI

C. URAIAN MATERI

1.   Kewajiban dan Hak dalam kehidupan sehari-hari

Tanaman, baik yang hidup di dalam ruangan maupun di luar ruangan, dapat menjadi penghias tambahan yang cantik untuk rumah Anda. Perawatan dan pemeliharaannya umumnya mudah dilakukan dan, dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat, tanaman dapat berkembang dengan baik. Terlepas dari apakah Anda tidak yakin cara yang tepat untuk merawat tanaman Anda atau Anda ingin memastikan bahwa Anda merawatnya dengan baik, silahkan baca artikel ini untuk mengetahui informasi terkait cara yang tepat untuk merawat tanaman, baik tanaman dalam ruangan maupun luar ruangan.

                                      Merawat tanaman dalam ruangan

a)      Berikan tanaman anda banyak cahaya.

b)      Siram tanaman anda secara teratur

c)      Beri tanaman pupuk setiap beberapa minggu sekali.

d)     Bersihkan debu yang menempel pada tanaman.

e)      Jauhkan tanaman anda dari sumber sirkulasi udara.

   Merawat tanaman luar ruangan

a)      Pastikan tanaman Anda mendapatkan air yang cukup

b)      Cabuti rumput liar yang ada di halaman Anda secara teratur.

 

c)      Lakukan mulching setiap beberapa bulan sekali.

d)     Pangkas tanaman yang mati atau berpenyakit.

e)      Lakukan deadhead pada tanaman bunga.

f)       Beri tanaman Anda pupuk setiap satu bulan sekali.

           Setelah semua kewajiban kita terhadap lingkungan dipenuhi, kita dapat memperoleh hak kita dari lingkungan. Hak kita terhadap lingkungan antara lain sebagai berikut.

  • Menikmati lingkungan segar. Dengan lingkungan yang segar hidup kita menjadi sehat dan nyaman. Dengan hidup yang sehat dan nyaman semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik. Udara untuk keperluan pernapasan karena tidak ada manusia yang dapat bertahan hidup tanpa adanya bantuan udara.
  • Memperoleh air sehat dan bersih yang disediakan oleh alam, untuk minum, mandi, pengairan sawah, dan pembangkit tenaga listrik.
  • Memperoleh apa yang kita butuhkan. Tumbuhan dan hewan untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani dan nabati. Selain itu tumbuhan dan hewan juga dapat di jadikan sebagai sumber tenaga dan kesenangan. Di daerah tertentu, sapi dan kerbau dijadikan sebagai penarik bajak di sawah, serta kuda untuk menarik delman dan dijadikan sebagai sarana olahraga berkuda.
  • Memperoleh lahan untuk tempat mendirikan berbagai prasarana dalam mendukung kehidupan manusia, misalnya untuk membuat tempat tinggal, gedung-gedung pemerintah, olahraga dan pertokoan. Pemanfaatan lahan tersebut tentunya dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.
  • Bebas dari pencemaran lingkungan. Lingkungan yang sehat merupakan lingkungan yang bebas dari pencemaran. Dengan lingkungan yang sehat penghuni lingkungan juga sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tercemar.

 Akibat yang didaptkan jika kita melalaikan kewajiban dalam merawat tanaman yaitu:

·         Tanaman akan layu jika tidak disiram dengan air

·         Tanaman akan perlahan mati karena tidak diberi pupuk

·         Tanaman akan banyak hama jika tidak disemprot pestisida


Bacalah teks bacaan berikut ini!

Hari Minggu adalah hari libur. Seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah. Seluruh anggota keluarga dapat bekerja sama dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Seperti yang dilakukan keluarga Siti. Pada saat hari libur, mereka bekerja sama membersihkan rumah dan merawat tanaman.

Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan peran masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga.

 

Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah. Ayah juga yang melindungi keluarga. Ibu membantu ayah  mengurus semua keperluan keluarga. Tugas ibu di antaranya adalah menyiapkan makanan untuk keluarga, serta mengatur rumah agar tetap bersih dan nyaman. Ada juga ibu yang bekerja untuk membantu ayah mencari nafkah.

Kewajiban anak-anak yaitu belajar dan membantu melakukan pekerjaan rumah tangga. Tugas yang dapat dilakukan anak-anak yaitu merapikan mainan setelah digunakan. Anak-anak dapat juga membantu hal lainnya, seperti menyapu, mengepel, menyiram tanaman, atau merawat tanaman.

Selain memiliki kewajiban, seluruh anggota keluarga juga memiliki hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitu dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga memiliki hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya.

Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupakan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bunyi sila kelima Pancasila.

1.  Ciri-ciri pertanyaan wawancara yang baik dan sikap dalam meakukan wawancara

Wawancara (bahasa Inggris: interview) merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi yang tepat dari narasumber yang terpercaya. Wawancara dilakukan dengan cara penyampaian sejumlah pertanyaan dari pewawancara kepada narasumber.

Bentuk-bentuk wawancara antara lain:

a.  Wawancara dengan pertanyaan yang disiapkan terlebih dahulu.

b.  Wawancara telepon yaitu wawancara yang dilakukan lewat pesawat telepon.

c.  Wawancara pribadi.

d. Wawancara dengan banyak orang.

e.  Wawancara dadakan / mendesak.

f.  Wawancara kelompok dimana serombongan wartawan mewawancarai seorang, pejabat, seniman, olahragawan dan sebagainya.

g. Wawancara berita dilakukan untuk mencari bahan berita.

Jenis-Jenis wawancara

Ditinjau dari segi pelaksanaannya, wawancara dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

a)      Wawancara bebas

     Dalam wawancara bebas, pewawancara bebas menanyakan apa saja kepada responden, namun harus diperhatikan bahwa pertanyaan itu berhubungan dengan data-data yang diinginkan. Jika tidak hati-hati, kadang-kadang arah pertanyaan tidak terkendali.

b)      Wawancara terpimpin

     Dalam wawancara terpimpin, pewawancara sudah dibekali dengan daftar pertanyaan    yang lengkap dan terinci.

c)      Wawancara bebas terpimpin

    Dalam wawancara bebas terpimpin, pewawancara mengombinasikan wawancara bebas dengan wawancara terpimpin, yang dalam pelaksanaannya pewawancara sudah membawa pedoman tentang apa-apa yang ditanyakan secara garis besar.

Sukses tidaknya wawancara selain ditentukan oleh sikap wartawan juga ditentukan oleh perilaku, penampilan, dan sikap wartawan. Sikap yang baik biasanya mengundang simpatik dan akan membuat suasana wawancara akan berlangsung akrab alias komunikatif. Wawancara yang komunikatif dan hidup ikut ditentukan oleh penguasaan permasalahan dan informasi seputar materi topik pembicaraan baik oleh nara sumber maupun wartawan.

Ciri-ciri pertanyaan yang baik dalam wawancara, yaitu:

'image.png' gagal diupload. TransportError: There was an error during the transport or processing of this request. Error code = 103, Path = /_/BloggerUi/data/batchexecute



D. LATIHAN

 

Soal                             :

Tuliskan jawaban yang tepat dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.

Perhatikan gambar berikut ini!




Berdasarkan gambar di atas, tuliskan 3 hal dalam merawat tanaman?

2.       

Perhatikan gambar berikut ini!







Berdasarkan gambar tersebut, buatlah sebuah pertanyaan yang berkaitan tentang cara merawat tanaman!

4.

Apa sajakah peran dari seorang ibu?

                         

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENILAIAN FORMATIF SEMESTER I KELAS I KURIKULUM MERDEKA (BAHASA INDONESIA)

  PENILAIAN FORMATIF SEMESTER I  KELAS I SD/MI TAHUN PELAJARAN 2022/2023   Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia (2)                  ...