Bahan Ajar Kurikulum 2013
Sekolah Dasar
TEMA : 2.
Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
SUBTEMA : 3. Menyayangi Tumbuhan
PEMBELAJARAN : 4
Ž
1 x pertemuan (6jp x 35 menit)
K |
A. PENGANTAR
A.
Ayo belajar dan ikuti
kegiatan-kegiatan, berikut ini!
B. TUJUAN
Setelah mempelajari bahan ajar ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Menulis informasi dari teks bacaan 2. Menentukan cara perawatan
tanaman C. URAIAN MATERI
|
1. Kewajiban dan Hak dalam kehidupan
sehari-hari
Tanaman, baik yang hidup di dalam ruangan maupun di luar ruangan, dapat menjadi penghias tambahan yang cantik untuk rumah Anda. Perawatan dan pemeliharaannya umumnya mudah dilakukan dan, dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat, tanaman dapat berkembang dengan baik. Terlepas dari apakah Anda tidak yakin cara yang tepat untuk merawat tanaman Anda atau Anda ingin memastikan bahwa Anda merawatnya dengan baik, silahkan baca artikel ini untuk mengetahui informasi terkait cara yang tepat untuk merawat tanaman, baik tanaman dalam ruangan maupun luar ruangan.
Merawat tanaman dalam ruangan
a)
Berikan tanaman anda banyak cahaya.
b)
Siram tanaman anda secara teratur
c)
Beri tanaman pupuk setiap beberapa minggu sekali.
d)
Bersihkan debu yang menempel pada tanaman.
e) Jauhkan tanaman anda dari sumber sirkulasi udara.
Merawat tanaman luar ruangan
a)
Pastikan tanaman Anda mendapatkan air yang cukup
b)
Cabuti rumput liar yang ada di halaman Anda secara teratur.
c)
Lakukan mulching setiap beberapa bulan sekali.
d)
Pangkas tanaman yang mati atau berpenyakit.
e)
Lakukan deadhead pada tanaman bunga.
f)
Beri tanaman Anda pupuk setiap satu bulan sekali.
Setelah semua kewajiban kita terhadap
lingkungan dipenuhi, kita dapat memperoleh hak kita dari lingkungan. Hak
kita terhadap lingkungan antara lain sebagai berikut.
- Menikmati lingkungan segar. Dengan
lingkungan yang segar hidup kita menjadi sehat dan nyaman. Dengan hidup
yang sehat dan nyaman semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan
baik. Udara untuk keperluan pernapasan karena tidak ada manusia yang
dapat bertahan hidup tanpa adanya bantuan udara.
- Memperoleh
air sehat dan bersih yang disediakan oleh alam, untuk minum, mandi,
pengairan sawah, dan pembangkit tenaga listrik.
- Memperoleh apa yang kita
butuhkan. Tumbuhan dan hewan untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani
dan nabati. Selain itu tumbuhan dan hewan juga dapat di jadikan sebagai
sumber tenaga dan kesenangan. Di daerah tertentu, sapi dan kerbau
dijadikan sebagai penarik bajak di sawah, serta kuda untuk menarik delman
dan dijadikan sebagai sarana olahraga berkuda.
- Memperoleh lahan untuk tempat
mendirikan berbagai prasarana dalam mendukung kehidupan manusia, misalnya
untuk membuat tempat tinggal, gedung-gedung pemerintah, olahraga dan
pertokoan. Pemanfaatan lahan tersebut tentunya dengan memperhatikan
kelestarian lingkungan.
- Bebas
dari pencemaran lingkungan. Lingkungan yang sehat merupakan lingkungan yang
bebas dari pencemaran. Dengan lingkungan yang sehat penghuni lingkungan
juga sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh
lingkungan yang tercemar.
·
Tanaman akan layu jika tidak disiram dengan air
·
Tanaman akan perlahan mati karena tidak diberi pupuk
·
Tanaman akan banyak hama jika tidak disemprot pestisida
Bacalah teks
bacaan berikut ini!
Hari Minggu adalah hari libur. Seluruh anggota keluarga berkumpul di
rumah. Seluruh anggota keluarga dapat bekerja sama dalam melakukan pekerjaan
rumah tangga. Seperti yang dilakukan keluarga Siti. Pada saat hari libur,
mereka bekerja sama membersihkan rumah dan merawat tanaman.
Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan peran
masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai
pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga.
Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah. Ayah juga yang melindungi
keluarga. Ibu membantu ayah mengurus
semua keperluan keluarga. Tugas ibu di antaranya adalah menyiapkan makanan untuk
keluarga, serta mengatur rumah agar tetap bersih dan nyaman. Ada juga ibu yang
bekerja untuk membantu ayah mencari nafkah.
Kewajiban anak-anak yaitu belajar dan membantu melakukan pekerjaan rumah
tangga. Tugas yang dapat dilakukan anak-anak yaitu merapikan mainan setelah
digunakan. Anak-anak dapat juga membantu hal lainnya, seperti menyapu,
mengepel, menyiram tanaman, atau merawat tanaman.
Selain memiliki kewajiban, seluruh anggota keluarga juga memiliki hak.
Contoh hak ayah dan ibu yaitu dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga
memiliki hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya.
Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupakan pengamalan sila kelima
Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bunyi sila
kelima Pancasila.
1. Ciri-ciri
pertanyaan wawancara yang baik dan sikap dalam meakukan wawancara
Wawancara
(bahasa Inggris: interview) merupakan percakapan antara dua orang atau
lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara
adalah untuk mendapatkan informasi
yang tepat dari narasumber yang terpercaya. Wawancara dilakukan dengan cara
penyampaian sejumlah pertanyaan dari pewawancara kepada narasumber.
Bentuk-bentuk wawancara antara lain:
a. Wawancara dengan pertanyaan yang
disiapkan terlebih dahulu.
b. Wawancara telepon yaitu wawancara yang dilakukan lewat pesawat
telepon.
c. Wawancara pribadi.
d. Wawancara dengan banyak orang.
e. Wawancara dadakan / mendesak.
f. Wawancara kelompok dimana
serombongan wartawan mewawancarai seorang, pejabat, seniman, olahragawan dan
sebagainya.
g.
Wawancara berita dilakukan untuk mencari bahan berita.
Jenis-Jenis
wawancara
Ditinjau dari segi pelaksanaannya, wawancara dibagi
menjadi 3 jenis yaitu:
a) Wawancara
bebas
Dalam
wawancara bebas, pewawancara bebas menanyakan apa saja kepada responden, namun
harus diperhatikan bahwa pertanyaan itu berhubungan dengan data-data yang
diinginkan. Jika tidak hati-hati, kadang-kadang arah pertanyaan tidak
terkendali.
b)
Wawancara terpimpin
Dalam
wawancara terpimpin, pewawancara sudah dibekali dengan daftar pertanyaan yang lengkap dan terinci.
c)
Wawancara bebas terpimpin
Dalam
wawancara bebas terpimpin, pewawancara mengombinasikan wawancara bebas dengan
wawancara terpimpin, yang dalam pelaksanaannya pewawancara sudah membawa
pedoman tentang apa-apa yang ditanyakan secara garis besar.
Sukses tidaknya wawancara selain
ditentukan oleh sikap wartawan juga ditentukan oleh perilaku, penampilan, dan
sikap wartawan. Sikap yang baik biasanya mengundang simpatik dan akan membuat
suasana wawancara akan berlangsung akrab alias komunikatif. Wawancara yang
komunikatif dan hidup ikut ditentukan oleh penguasaan permasalahan dan
informasi seputar materi topik pembicaraan baik oleh nara sumber maupun
wartawan.
Ciri-ciri
pertanyaan yang baik dalam wawancara, yaitu:

Soal :
Tuliskan
jawaban yang tepat dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. |
Perhatikan gambar
berikut ini! Berdasarkan gambar di atas, tuliskan 3 hal dalam merawat tanaman? |
2.
|
Perhatikan gambar berikut ini! Berdasarkan gambar tersebut, buatlah sebuah pertanyaan
yang berkaitan tentang cara merawat tanaman! |
4. |
Apa sajakah peran dari seorang
ibu? |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar